Waspada, Inilah Bahayanya Polusi Terhadap Kinerja Otak

Johanes ChaWaspada, Inilah Bahayanya Polusi Terhadap Kinerja Otak ndra Ekajaya
Waspada, Inilah Bahayanya Polusi Terhadap Kinerja Otak
Waspada, Inilah Bahayanya Polusi Terhadap Kinerja Otak
Waspada, Inilah Bahayanya Polusi Terhadap Kinerja Otak

Kalau berbicara soal polusi cakupannya akan sangat luas khususnya bagi kesehatan. Tak lama ini para peneliti melakukan sebuah penelitian dengan mengambil objek dari dampak polusi udara yang bisa memperngaruhi kesehatan pada jantung dan paru-paru.

Salah satu penelitian yang berjudul Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) menjadi perjalanan awal yang membuktikan bahwa polusi udara memiliki partikel halus yang bisa sampai ke otak manusia. Polusi itu bernama magnetite.

Profesor Barbara Maher yang berasal dari Universitas Lancaster mengemukakan kepada Johanes Chandra Ekajaya soal penelitiannya tersebut, dia mengatakan kalau dia bisa mengambil kesimpulan seperti itu kerena dia telah memeriksa jaringan otak dari sample manusia yang berusia 3 hingga 85 orang yang tinggal di dalam keadaan yang memiliki tingkat kadar polusi yang tinggi, khususnya di Mexico. Partikel halus yang dibawa polusi itu di duga magnetite yang membawa racun sehingga bisa menimbulkan penyakit Alzheimer.

Sebenarnya magnetite itu sendiri mampu membentuk koloni di otak, tapi yang dihasilkan hanya sedikit dan bentuknya masih kasar bergerigi. Profesor Maher meyakini penemuan magnetite di otak itu disebabkan partikel halus yang dibawa polusi. Magneitte itu bisa tercipta karena adanya suhu tinggi pada pembakaran mesin atau sistem pengereman yang nantinya bisa berpengaruh terhadap kinerja otak manusia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*