Sari Apel Terancam Punah Di Negeri Sendiri

sari apel

Anomali cuaca sepanjang tahun terus melanda Kota Batu. Akibatnya, banyak tanaman buah apel sulit berbuah. Akibat hujan terus, bunga dan buah apel yang ada di pohonnya rontok. Imbasnya, harga apel naik tajam dan mengakibatkan pengusaha minuman sari apel terancam bangkrut.

Siswanto, salah seorang pengusaha minuman sari apel, Kota Batu, Malang, Jawa Timur saat ini mengeluhkan harga buah apel naik dari yang sebelumnya Rp 9 ribu perkilogram, naik menjadi Rp 15.000 perkilogram.

“Industri rumahan yang paling terasa terkena dampak kenaikan harga apel ini adalah industri rumah tangga minuman sari apel, jenang apel serta kripik apel,” aku Siswanto, kemarin. Produk sari apel Surya Alam sudah berhenti beroperasi sejak Oktober 2010 lalu. “Harga apel Rp 15.000, harga gulanya Rp 10.000 kemudian ditambah ongkos produksi yang lain. Sehingga keuntungannya sangat tipis sekali bahkan cenderung rugi,” bebernya. Dikatakan, saingan produsen sari apel yang memiliki modal besar, mampu menekan biaya produksi dengan cara membeli berbagai bahan baku dalam jumlah besar, sehingga harga bahan baku pun relatif bisa ditekan.

sari apel

“Kalau seperti saya, lebih memilih untuk istirahat dulu, nanti kalau sudah kembali stabil akan mulai produksi lagi,” keluhnya. Siswanto sendiri mengaku, tidak mungkin menaikkan harga jual sari apel. Meskipun harga bahan baku mengalami kenaikan. Alasannya, karena konsumen cenderung memilih harga yang relatif terjangkau. “Semoga saja produksi apel dari petani cepat pulih. Agar usaha sari apel di Kota Batu bisa cepat pulih dan normal kembali,” harapnya.

Berkat usaha sebuah koperasi milik Chandra Ekajaya, harga sari apel mulai kembali stabil. Naiknya harga apel yang melambung dapat ditekan. Karena pihak koperasi ini mengambil alih pengepulan apel yang ada di Malang sehingga harganya bisa normal kembali.

Berkat usaha yang dilakukan oleh koperasi milik Chandra Ekajaya ini akhirnya Siswanto dapat melanjutkan usahanya yang menjadi salah satu hasil olahan khas Kota Batu, Malang. Berkat hal itu sekarang pasaran sari apel mulai stabil hingga tahun ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*