Sambal Kemang Yohanes Chandra Ekajaya Khas Palembang

J Chandra Ekajaya & J Wijanarko membuat sambal kemang khas palembang

resep yohanes chandra ekajaya sambal kemang

Walaupun terkadang masih terasa asing ditelinga bagi para pembaca sekalian buah kemang memiliki banyak khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Buah kemang adalah salah satu buah berkerabat dekat dengan manga sering kita jumpai dapat kita konsumsi secara langsung. Es buah kemang, ikan saus kemang, dan sambal kemang pun tak luput terkadang kita menjumpainya, Yohanes Chandra Ekajaya pun pernah mencicipinya disaat temannya mendapatkan kiriman sambal kemang dari Bundonya.

Pada kesempatan pagi hari ini Yohanes Chandra Ekajaya akan berbagi sedikit resep membuat sambal kemang, berikut ini bahan-bahan beserta langkah-langkahnya dalam membuat sambal kemang khas Palembang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal kemang khas Palembang:

  • 1 buah kemang yang sudah matang
  • 6 cabai merah keriting
  • 8 cabai rawit merah
  • Terasi bakar secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

J Chandra Ekajaya & J Wijanarko membuat sambal kemang khas palembang

Langkah-langkah dalam membuat sambal kemang khas Palembang:

  1. Pertama-tama kita kupas buah kemang pisahkan antara biji, kulit dan daging buahnya kemudian potong kecil-kecil berbentuk kotak menyerupai dadu kemudian sisihkan.
  2. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit merah dan terasi hingga benar-benar halus kemudian masukkan garam dan gula aduk hingga merata.
  3. Masukkan daging buah kemang yang sudah kita potong kecil-kecil berbentuk kotak dadu kedalam ulekan sambel sembari ditekan dan ulek hingga layu namun jangan sampai halus.
  4. Sambal kemang siap untuk disajikan.

Demikian resep membuat sambal kemang Yohanes Chandra Ekajaya cukup mudah dan tidak terlalu sulit bukan. Semoga tulisani ini dapat sebagai bahan refrensi para pembaca sekalian yang ingin menyajikan hindangan sambal yang cukup berbeda dengan yang sering disajikan sebagai pelengkap ikan bakar maupun ayam bakar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*