Review Film Extra Terrestrial (1982)

Dok.Chandra Ekajaya

 

Dok.Chandra Ekajaya

Film Sains Fiction memang banyak menjamur dalam kancah perfilman internasional di hampir semua dekade. Nah, kali ini kami akan mengulas sebuah film karya Steven Spielberg yang berjudul E.T Extra Terrestrial . Film bergenre sains fiction ini digarap dengan narasi yang sangat apik dan menarik.

Bermula dari cerita seorang bocah bernama Elliot (Henry Thomas) yang dikejutkan dengan peristiwa misterius di gudang belakang rumahnya. Tak dapat disangka ternate muncu sosok kecil yang keluar dari gudang belakangnya, yang ternyata adalah sosok ET. Esoknya, Elliot memperkenalkan makhluk luar angkasa tersebut kepada kakaknya, bernama Michael (Robert Macnaughton) dan adiknya Gerti (Drew Barrymore), meski pada awalnya mereka sangat terkejut dengan sosok asing tersebut.

Sebenarnya film ini seolah menyajikan adanya isu dunia terkait kehadiran sosok misterius luar angkasa yaitu alien yang digembor-gemborkan oleh peneliti luar angkasa. Dalam film ini, Spielberg menyajikan dengan gambar realistik yang dibumbui dengan balutan Fiksi Ilmiah.

Dok.Chandra Ekajaya

Pada bagian awal film, para penonton akan disajikan dengan bagaimana E.T dan teman-teman turun dari sebuah pesawat UFO yang  mendarat di sebuah hutan pinus. Di sepanjang film, Spielberg juga menyajikan kepada para penonton mengenai tujuan sebenarnya dari ET dan teman-temannya datang ke bumi. Para alien tersebut mencoba mengambil beberapa helai daun dan berbagai macam tumbuhan lainnya untuk dibawa ke dalam pesawatnya. Ya, mungkin saja mereka mencoba mengembangkan tumbuhan-tumbuhan tersebut untuk ditanam di planet mereka.

E.T. merupakan sebuah film yang sangat memukau. Hal yang menjadi nilai utama tentunya adalah persahabatan antara Elliott dan saudaranya dengan si makhluk luar angkas ET. Seperti layaknya sebuah kehidupan dan cerita dalam film tentu ada pertemuan,sekaligus ada perpisahan.

Dari sinilah kekuatan Spielberg dalam memberikan kekuatan  drama yang begitu kuat dari film yang biasanya banyak dipandang sebelah mata dan terlalu utopis, namun minim kedalaman cerita. Spielberg dalam film ini dapat dikatakan berhasil untuk memboyong para penonton untuk masuk dalam sebuah cerita yang sangat ciamik ini.

 

Penulis: Chandra Ekajaya

Editor  : Chandra Ekajaya

Baca ulasan film lainnya karya Yohanes Chandra Ekajaya di link berikut Uji Terbaik Nasa Untuk Kehidupan Ektraterrestrial

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*