Rekaman CCTV Kopi Maut Dipastikan Asli Tanpa Rekayasa!

Johanes Chandra Ekajaya

Johanes Chandra Ekajaya

Masih ingat kasus kopi maut yang hingga kini belum menemui titik terang siapa dalang di balik kematian dara cantik Wayan Mirna Salihin?

Kini ada pemberitaan terbaru terkait kasus tersebut, yakni dengan ditayangkannya beberapa rekaman CCTV yang menjadi salah satu bukti otentik dalam kasus ini. AKBP Muhammad Nuh selaku Ahli digital forensik Polri menyatakan bahwa rekaman yang memperlihatkan terdakwa dan korban di kafe olivier tidak melewati proses penyuntingan atau editing.

Hal itu bisa Nuh pastikan lewat beberapa metodologi yang dia lakukan.

“Kami akan memperhatikan file tersebut ada editing atau tidak, untuk membuktikannya kami akan menganalisanya melalui 4 metodologi,” tegas Nuh saat dia bersaksi dalam sidang di PN Jakarta Pusat, Rabu (10 Agustus 2016).

Nuh menjelaskan dalam langkah awal analisa nya itu dia akan mengunci integrity data dari rekaman CCTV, nah disinilah akan terlihat video tersebut di edit atau tidak, karena jika di rubah maka akan terlihat perubahannya. Untuk langkah keduanya, dia mulai menganalisa metadata melalui frame rekaman.

“Kalau dalam rekaman itu frame nya ada yang dihilangkan, maka jika ada penyisipan maka kami akan tahu,” ujarnya.

Dan untuk langkah terakhir, Nuh melakukan analisa dari bit rate terhadap rekaman CCTV. Jika ada penyisipan frame atau penyuntingan maka akan lebih terlihat karena bit rate nya pasti tidak seragam.

“Dalam kasus ini, kami pastikan tidak ada video yang di sunting, atau ada penyisipan,” ungkap Nuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*