Pengalaman Yohanes Chandra Ekajaya Bersama Pramoedya Ananta Toer

Dok.Yohanes Chandra Ekajaya

Dok.Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya bukan merupakan mahasiswa sejarah dan satra. Ia dulu pernah kuliah di fakultas farmasi di Malang tapi ia gagal secara akademik. Yohanes Chandra Ekajaya merupakan penggemar sejarah, ia suka sejarah dan saya tidak mau melupakan sejarah. Pramoedya Ananta Toer, siapa dia sebenarnya? Mungkin kalian sudah tahu tentang beliau atau baru tahu seperti Yohanes Chandra Ekajaya yang baru tahu dengan beliau. Ketika itu Yohanes Chandra Ekajaya mengikuti suatu komunitas yang namanya JAS MERAH.

Di sana sering membahas tentang biografi dan karya Pramoedya. Pada saat itu teman-teman dari Yohanes Chandra Ekajaya memutar sebuah film tentang Pram. Yohanes Chandra Ekajaya terkagum-kagum, Ia heran, malu, bangga dan senang. Itu lah yang dirasakan Yohanes Chandra Ekajaya setelah film itu di putar. Fil yang berisi tentang kehidupan dan pengalaman pribadi Pram ini mengandung banyak kata-kata istimewa dari bibir Pram yang membuat Yohanes Chandra Ekajaya  kagum melihat apa yang terjadi pada Pram di masa hidupnya.

Yohanes Chandra Ekajaya sepertinya terinfeksi dengan Karya Pram walau hanya sekilas ia tau siapa itu Pramoedya Ananta Toer. Baru sebentar ia melihat film nya dan mendengarkan paparan dari pembicara yang di undang tentang Pramoedya, Yohanes Chandra Ekajaya langsung tertarik dan sangat serius mengikuti alur diskusi dan ia pun memberi tanggapan tentang film itu dalam sebuah diskusi, tapi sayang Yohanes Chandra Ekajaya tidak bisa mengikuti diskusi itu sampai akhir. Karena Yohanes Chandra Ekajaya merupakan seorang pengusaha muda  seperti yang dikatakan saudara yang hadir di dalam diskusi itu, yang tidak perlu ia sebutkan namanya.

Dok.Yohanes Chandra Ekajaya

Selepas Yohanes Chandra Ekajaya dari diskusi itu, ia terus membahas Pramoedya Ananta Toer sambil pergi ke suatu tempat untuk berwirausaha bersama sang pujaan hati dan adiknya yang kurus di atas kuda berlampu. Rasanya ia masih belum puas untuk mengenal siapa itu Pramoedya Ananta Toer. Beberapa hari setelahnya Yohanes Chandra Ekajaya mencari  biografi dan karya-karya Pramoedya Ananta Toer untuk ia korek tentunya dengan menggunakan mbah Google. Sekejap Ia baca, Yohanes Chandra Ekajaya langsung buat review supaya kalian harus tau pramoedya Ananta Toer dan karya-karyanya.

Bagi yang sudah tau siapa Pramoedya dan karya-karya beliau  terus lah share kepada kawan-kawan yang lain. Karena karya-karyanya bagus dan banyak buku-buku hasil karya dari Pram di jadikan bacaan wajib di luar negri. Tapi di dalam negeri di Indonesia karyanya di tutupi oleh sekelompok orang. Pramoedya Ananta Toer  seperti wali yang di benci di kampung halamannya sendiri. Banyak hal yang sifatnya membangun dari karya Pramoedya Ananta Toer tapi memang banyak juga yang tidak sejalan. Itu lah yang membuat beberapa informasi tentang Pram dan karyanya masih banyak yang belum terungkap. Akan tetapi ada beberapa karya milik Pram yang telah diungkap oleh Yohanes Chandra Ekajaya selaku penggemarnya. Untuk selengkapnya bisa dilihat di Pramoedya Ananta Toer Di Mata Yohanes Chandra Ekajaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*