Peluang Bisnis Blog Yohanes Chandra Ekajaya

Pada awalnya, blog atau pun web pribadi bagi banyak orang hanya digunakan sebagai wadah atau media untuk berkeluh kesah atau menceritakan kisah hidupnya sehari-hari. Ada juga yang berbagi berbagai macam informasi dan pengalaman, tetapi masih sangat sedikit. Tetapi bagi Yohanes Chandra Ekajaya, blog adalah suatau alat untuk mendatangkan banyak uang.

Yohanes Chandra Ekajaya
Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya pun mendirikan sebuah komunitas untuk menjadi wadah dan ajang bagi para pecinta blog atau lebih sering disebut blogger. Komunitas ini berdiri pada tanggal 29 Agustus 2008. Pria kelahiran Wonosobo pun tidak sendirian saat mendirikan komunitas blogger ini, ia bersama sembilan kawannya sudah bersepakat dan berkomitmen untuk membuat sebuah wadah yang berisi para blogger.

 

Anggota komunitas ini terdiri dari berbagai macam profesi. Diantaranya dosen, polisi, pegawai swasta, pengusaha, mahasiswa, dan sebagainya. Tujuan mereka ikut serta dalam komunitas blogger yang didirikan oleh Yohanes Chandra Ekajaya adalah untuk belajar secara bersama-sama. Selain itu para anggota dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam dunia blogging.

 

Mengajari anggota komunitas untuk dapat menggunakan blog menjadi kurikulum dan tutorial wajib bagi para pengurus dan anggota yang sudah bergabung lebih dulu. Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa saat ini anggota komunitas blogger YCE ini sudah mencapai 1000 orang. Tentu saja ini jumlah yang sangat besar bagi sebuah komunitas yang ada di dunia nyata dan virtual.

 

Sistem dan asas yang digunakan oleh komunitas blogger YCE ini adalah kekeluargaan. Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa untuk menjadi anggota komunitas ini syaratnya tidak berat dan rumit. Siapa pun boleh ikut serta dan bergabung menjadi anggota komunitas selama ia tertarik membuat blog dan rajin mengelola blognya.

 

Bagi Yohanes Chandra Ekajaya, blog yang sudah dibuat digunakan untuk mengeruk pundi-pundi rupiah melalui dunia internet. Tetapi ia tidak membatasi keinginan dan kekreativitasan anggota komunitas. Makanya banyak juga blog yang berisi catatan pribadi, curhat, keluh kesah, dan sebagainya. Ia mengatakan bahwa semua itu tidak luput dari proses.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*