Jalak Suren Sebagai Masteran Burung Kicau

jalak suren

Banyaknya permintaan Jalak Suren (Sturnus Contra) di pasaran, seiring dengan meningkatnya animo penghobi burung baik yang sudah memilikinya sebagai suara masteran untuk Murai Batu dan Kacer ataupun sebagai kelas burung lomba. Di daerah Malang penangkarannya berhasil, anakannya beredar di pasar hewan daerah Malang. Jalak Suren termasuk maskot burung pulau Jawa,’ ungkap Chandra Ekajaya yang sudah berpengalaman sejak muda blusukan masuk berbagai pasar burung mempromosikan produk pakan dan sangkar burung.

jalak suren

“Kunci utama penangkaran Jalak Suren adalah menyamakan birahi,” ungkap Chandra Ekajaya selaku pemilik Chandra Uren Bird Farm yang saat ini sudah memiliki 100 pasang Jalak Suren yang siap berproduksi menghasilkan anakan. Disamping perawatan lebih mudah tidak seperti burung Murai Batu atau Cucak Rowo dan tidak mudah stress, tentu saja perjodohannya lebih mudah karena kita bisa menerapkan sistem koloni dimana mereka bebas mencari pasangannya sendiri. “Kalau pemberian jangkrik rutin setiap hari sejak kecil, umur 8 bulan sudah bisa birahi. Tanda-tanyanya sudah rajin berkicau dan kalau kita mendekati kandang penangkaran tidak gerabakan,” ungkap Chandra Ekajaya.

Hobi dengan memelihara binatang sejak kecil mulai dari kelinci, merpati balap sampai reptile ini telah menempa ‘mental tempur’ beliau merawat binatang mulai dari pemberian pakan, perawatan ketika sakit atau saat menjodohkan membuatnya lebih gampang menjadi penangkar burung ocehan, khususnya Jalak Suren. Membedakan jenis kelamin harus diatas diatas umur 10 bulan dengan munculnya warna biru di anusnya untuk pejantan. “Tidak perlu malu belajar pada orang lain,” tegasnya. Dan memang benar adanya, jatuh bangun usaha yang dijalankan sejak tahun 2009 ini mulai dari belajar menjadi pengepul sampai pada ‘proyek peternakan’ yang dikembangkan telah memberikan hasil yang menggiurkan.

jalak suren

Selain Uren, Chandra Ekajaya juga sedang mencoba mengembangkan Jalak Hongkong. “Perawatan simple, dari pagi cukup kasih voer pakan ayam, pemberian air yang cukup dan setiap hari berikan Jangkrik,”. Sepasang Uren dalam kandang cukup diberikan jangkrik pagi 8 dan sore 8 untuk meningkatkan power burung dan menambah birahi. Dan keistimewaan Uren ini adalah mempunyai masa birahi yang sepanjang tahun dan terputus hanya pada saat mabung dimana waktu dimana Uren tersebut untuk istirahat dari produksi yang mabung ditandai dengan jatuhnya bulu lama dan berganti bulu baru yang mengkilat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*