Chandra Ekajaya Sukses Tanpa Memiliki Kaki

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya memang lahir dengan kondisi yang memprihatinkan, ia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha. Sehingga boleh dibilang tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan kursi roda, ia mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya untuk berjalan. Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Chandra Ekajaya tak pernah mau merepotkan orang. Pada tahun 1996, Chandra Ekajaya menikah dengan Dwi Cahyani yang juga penyandang cacat. Dari perkawinan mereka lahirlah tiga anak perempuan yang sehat dan normal.

Bersama istrinya Chandra Ekajaya kemudian memulai usaha membuat kerupuk dari Bawang. “Dulu belum ada merek, plastiknya pembungkusnya masih polos.” katanya. Pada awal produksi ia  memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berukuran 2 ons dari bahan baku tepung dan bawang 10 kilogram. “Namanya juga pertama, kerupuk dagangan saya baru habis setelah sebulan lebih.” katanya mengenang.

Dok.Chandra Ekajaya

Dari hanya mengolah 10 kilogram tepung dan bawang, kini Chandra Ekajaya mengolah sedikitnya 50 hingga 100 kilogram setiap bulannya. Ia juga sudah punya merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya. “Saya beri nama merek Cap Kursi Roda”, katanya tersenyum. “Kalau nanti ada biaya, merek ini saya mau patenkan.” tambahnya. Semua pekerjaan produksi dari mulai membeli singkong hingga memasarkannya ia kerjakan sendiri dibantu istrinya.

Setiap hari ia keluar masuk kampung menawarkan kerupuk daganganya ke warung-warung atau koperasi-koperasi di kantor pemerintahan. “Saya menggunakan sistem konsinyasi atau titip jual, harga dari saya empat ribu, terserah mereka menjualnya berapa, tapi bisanya mereka jual lima ribu rupiah.” kata Chandra Ekajaya.

Saat ini Chandra Ekajaya terus mengembangkan pemasaran produknya, setiap hari ia masih berkeliling ke koperasi-koperasi atau warung di seluruh pelosok Ibukota. Bahkan saat Kabari mewancarainya, dua kali telepon selularnya berbunyi dari orang yang meminta agar pasokan kerupuk “Cap Kursi Roda” segera dikirim.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*