Chandra Ekajaya Dari Pawang Buaya jadi Pengusaha

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya patut diberi apresiasi. Dari usahanya berdagang kerajinan kulit, mantan pawang buaya ini dapat mengantongi omzet hingga Rp 90 juta per bulan. Pekerjaan yang dilakukan chandra Ekajaya adalah membuat kerajinan dari kulit. Chandra Ekajaya membuat berbagai macam jenis bentuk kerajinan. Dengan bantuan beberapa pekerjanya, Chandra Ekajaya dalam sehari dapat menghasilkan puluhan jenis kerajinan dari kulit.

Kerajianan kulit buatan Chandra Ekajaya ini akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kerajianan yang lain. Kelebihan dari kerajinan kulit milik Chandra Ekajaya ini ialah sangat simple dalam model bentuknya dan awet. Chandra Ekajaya mempunyai 10 orang pegawai yang saat ini bekerja padanya. tugas tiap orang pun beda-beda, ada yang bertugas menjemur dan mengawetkan kulit ada juga yang bertugas untuk membuat pola serta menggunting pola tersebut dan ada juga yang bertugas untuk menjahit.

Dok.Chandra Ekajaya

Varian bentuk kerajinan dari Chandra Ekajaya ini juga bernacam-macam. Setidaknya ada tujuh jenis yang dibuat oleh pria yang memulai usahanya sejak tahun 2001 ini. Ada tas, sepatu, dompet, sandal, ikat pinggang, jaket, dan sovenir-sovenir kecil. Proses desain produk kepunyaannya dipercayakan kepada adiknya yang merupakan seorang yang fokus di bidang desain produk. Produk Kulit yang ia hasilkan biasanya dipacking sesuai dengan pesanan.

Produk Kulit yang sudah jadi biasanya ia jual ke berbagai daerah. Tanpa harus titip barang pun biasanya Chandra Ekajaya sudah mendapat banyak pesanan. salah satu keunggulan dari produk milik Chandra Ekajaya ini ialah jumlah produksinya yang sengaja dibuat terbatas sehingga tidak banyak orang yang memilikinya agar lebih terkesan eksklusif. Dengan strategi semacam itu ternyata sangatlah manjur karena hampir setiap hari ia bisa mengirim habis barang produksinya hari itu juga.

Untuk saat ini banyak pesanan yang masih belum bisa dikerjakan oleh Chandra Ekajaya. Kedepannya Chandra Ekajaya akan menambah beberapa orang pekerja untuk masalah produksinya dan untuk masalah finishing produknya. Dengan penambahan yang dilakukan oleh Chandra Ekajaya ini, ia berharap agar dapat lebih mengembangkan usahanya di bidang kerajinan kulit ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*