Tips Mudah Membuat Aquascape Menurut Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya seorang expert aquascaper

Pada kesempatan kali ini, Yohanes Chandra Ekajaya seorang expert aquascaper akan membagikan tips mudah membuat aquascape dengan sederhana. Bagi kalian yang belum mengenal aquascape, Aquascape merupakan sebuah seni mengatur dan menanam tanaman air, batu, dan kayu dalam sebuah aquarium. Saat ini, aquascape telah menjadi hobi bagi banyak orang. Aquascape juga kerap dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah yang difungsikan untuk menghilangkan stress. Berikut tips mudah membuat aquascape yang akan dibagikan oleh Yohanes Chandra Ekajaya.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Expert Aquascaper Yohanes Chandra Ekajaya memberikan langkah pertama yaitu Anda harus menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan tersebut meliputi: akuarium, filter, lampu akuarium (LED), pasir silica, batu hias, kayu hias, pupuk dasar atau cair, tanaman air, CO2 lengkap beserta tabung dan selangnya, pendingin, dan ikan hias non predator.

 

Pemilihan Akuarium

Yohanes Chandra Ekajaya mengungkapkan bahwa akuarium yang tepat untuk aquascape adalah dengan memilih akuarium yang tidak terlalu tinggi agar nantinya tanaman mendapatkan cahaya secara langsung sehingga akan memudahkan pernapasan dengan sempurna. Bentuk dan besarnya akuarium disesuaikan dengan jumlah ekosistem yang diperlukan

 

Pupuk

Setelah memilih akuarium, langkah berikutnya menurut Yohanes Chandra Ekajaya adalah memasukkan pupuk dasar ke dalam akuarium. Pupuk berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tanaman air yang telah direncanakan dalam aquascape buatan Anda.

 

Kayu dan Batu Hias

Selanjutnya, aquascaper Yohanes Chandra Ekajaya memberikan langkah berikutnya yaitu dengan memasukkan kayu dan batu hias. Selain berfungsi untuk mengejar estetika, kayu dan batu hias digunakan untuk memperkuat pondasi bagi tumbuhnya tanaman air. Selain itu, Anda diperbolehkan untuk menata kayu dan batu tersebut sesai dengan desain dan selera Anda.

 

Memilih Tanaman Air

Tidak semua tanaman dapat dijadikan sebagai elemen pembentuk aquascape. Yohanes Chandra Ekajaya menjabarkan bahwa tanaman yang cocok untuk aquascape adalah tanaman rawa seperti velvet green, silver gray, dan venormous. Setelah itu, Anda dapat menanamnya dengan menyelpikan tanaman tersebut di antara pasri atau bebatuan untuk memudahkan proses pnenaman.

Yohanes Chandra Ekajaya seorang expert aquascaper

Diisi dengan Air

Tahap terakhir adalah dengan diisi dengan air. Yohanes Chandra Ekajaya mengingatkan kepada Anda untuk memasang filter air dan lampu. Filter tersebut berfungsi untuk menyaring kotoran, sehingga warna air dalam aquarium tetap jernih, sementara lampu akan bermanfaat sebagai pengganti cahaya.

 

Itulah, tips mudah dan singkat membuat aquascape menurut Yohanes Chandra Ekajaya. Kunci dari keberhasilan menciptakan hasil yang maksimal dinilai dari ketekunan dan ketelatenan dalam membaut karya seni ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*