Angin Puting Beliung Sapu Pulau Battoa

Angin Puting Beliung Sapu Pulau Battoa
Angin Puting Beliung Sapu Pulau Battoa
Angin Puting Beliung Sapu Pulau Battoa
Angin Puting Beliung Sapu Pulau Battoa

Kabar duka datang dari Pulau Battoa, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Dusun Lendang terkena bencana angin puting beliung yang cukup mengejtkan warga. Angin kencang itu memporak-porandakan pemukiman dan banyak menumbangkan pepohonan. Bahkan bukan hanya itu, sejumlah perah yang ditambatkan warga di sepanjang psisir laut juga ikut menjadi imbasnya.

Bencana yang cukup singkat itu berhasil menyapu 8 rumah, semuanya mengalaami kerusakan yang cukup parah, tapi kerusakan paling arah dialami oleh rumah Arfah. Bagian atap rumah Arfah sudah tidak bisa di selamatkan kembali. Bahkan rumah yang baru di renovasi itu sempat terjungkal saat terjangan angin yang cukup kencang menghantamnya.

Warga setempat mengutarakan kepada Johanes Chandra Ekajaya bahwa angin itu datang ketika hujan deras mengguyur desa mereka. Angin puting beliung itu awalnya terlihat saat seorang warga yang melihat adanya gumpalan awan hitam yang sangat tebal disekeliling pulau, lalu angin berputar-putar dan pulau battoa tersapu olehnya. Imbasnya rumah yang berdiri di sekelling pulau battoa rusak.

Durus selaku Kepala Dusun Lendang menyebutkan kepada Johanes Chandra Ekajaya, saat kejadian banyak warganya yang panik, sehingga mereka tidak berpikir banyak untuk menyelamatkan barang di dalam rumahnya, ujar Chandra Ekajaya.

Dari bencana alam ini, kerugian yang ditaksir bisa mencapai puluhan juta rupiah. Kini sebagian warga mulai membenahi barang yang masih bisa di selamatkan, dan memindahkannya ke tempat yang lebih aman, di khawatirkan adanya angin puting beliung susulan. Pasalnya curah hujan yang disertai dengan angin kencang masih terus berlangsung di desa Lendang, ungkap Chandra Ekajaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*